Jumat, 25 Desember 2009

Definisi Komputer

KATA PENGANTAR

 Teknologi saat ini telah berkembang dengan cepat, berbagai peralatan (Hardware) maupun software muncul dengan teknologi terbaru. Perkembangan teknologi komputer tersebut harus diimbangi dengan kemampuan Sumber Daya Manusia, jika tidak maka kita hanya akan menjadi penonton yang terpaku oleh kemajuan teknologi “Knowledge Is Power”
 Panduan mengoperasikan komputer + Teknisi/Instalasi Komputer yang kami sajikan ini, diakui tidak mewakili keseluruhan dari perkembangan komputer saat ini, namun yang kami sajikan adalah dari Microsoft Office XP + Teknisi/Instalasi Komputer, serta memelihara sebuah perangkat komputer. Untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan sebagai referensi untuk meng Up-Date buku panduan ini.
 Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, sehingga buku panduan ini dapat terwujud meski banyak kekurangan yang harus diperbaiki. Terima kasih yang tak terhingga buat Pak Rahmat Ishak ST. dan rekan-rekan, Wahyu Mohdar (Mahasiswa Teknik Informatika), Wahyullah Rusly (Mahasiswa Teknik Pertambangan) atas bantuannya dalam mengedit dan mengkritisi isi buku panduan ini.
 Terima kasih yang paling dalam juga buat orang yang pernah memberi motivasi dan dukungan serta semangat untuk tetap berjuang (Rizkawini Jailan. Mahasiswa Teknik Informatika, UMMU Ternate), selamat berjuang sahabat.
 Akhir kata, syukur yang sebesar-besarnya kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya di segela aktivitas kita. Amin


  Penulis


Chaydar Palusery


BAB I
PENGENALAN KOMPUTER

1. Defenisi Komputer
Apakah anda pernah mendapatkan pertanyaan yang berkisar tentang apakah komputer ? Coba anda renungkan dan mencoba untuk menjawabnya dan kaget bila pertanyaan tersebut sulit untuk dijawab. Istila komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda untuk orong yang berbeda. Istilah komputer (Computer) yang diambil daei bahasa latin Computare yang berarti menghitung (to computer atau to reckon).
 Dari beberapa defnisi yang telah diambil, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :
1. Alat elektronik
2. Dapat menerima input data
3. Dapat mengolah data
4. Dapat memberikan informasi
5. Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer (stored program)
6. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
7. Bekerja secara otomatis
Sedangkan yang disbeut dengan program adalah kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan agar komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertntu.

2. Pengolahan Data Elektronik
Pengolahan data dengan menggunakan komputer terkenal dengan nama Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Elektronik Data Processig (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau symbol khusus atau gabungan darinya. Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut. Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, berupa suatu informasi.
Informasi (information) adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.
Jadi Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Elektronik Data Processing (EDP)adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

3. Siklus Pengolahan Data
Suatu prose pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (Data Processing Cicle), yaitu input, processing, dan output.
Tiga tahap dasar dari siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut. Siklus pengolahan data yang dikembangkan (expanded data processing cycle).


  Gambar. Siklus Pengolahan Data

4. Siklus Pengolahan Data
Supaya komputer digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk system komputer (computer system). System adalah jaringan dari lemen-elemen yang saling berhubung, membentuk suatu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari system tersebut.
Tujuan pokok dari system komputer adalah mengelolah data untuk menghasilkan informasi. Agar tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari system komputer adalah software, hardware, dan brainware.
Hardware : (perangkat keras/piranti keras) adalah peralatan di system komputer yang secara fisik dapat bterlihat dari dijamah.
Software : (pirtanti lunak/piranti lunak) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
Brainware : adalah manusia yang terlibat didalam mengoperasikan serta mengatur system komputer.
 Ketiga elemen system komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Hardware tanpa adanya software, maka tidak akan berfungsi seperti yang di harapkan, hanya berupa benda mati saja. Software yang akan mengoperasikan hardware-nya.. hardware yang didukung oleh software juga tidak akan berfungsi kalau tidak ada manusia (brainware) yang akan mengoperasikan.
1.5 Kemampuan komputer
Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah keceptannya. Komputer dapat melakukan operasi dasar, seeperti misalnya perhitungan pertambahan atau pengurangan dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam satuan millisecond, nanosecond atau picosecond. Komputer yang paling cepat dapat melakukannya dalam waktu picosecond.
Misalnya manusia dapat menyelesaikan waktu perhitungan pertambahan dalam waktu 1 detik. Bila kecepaan komputernya adalah picosecond, 1 detik operasi pertambahan yang dilakukan oleh komputer, akan diselesaikan oleh manusia dalam waktu 1 detik trilliun detik atau 31.700 tahun.
Kamampuan komputer lain yang menakjubkan adalah ketepatannya. Kalau manusia lelah, maka mentalnya akan luluh (mantal fatique), yang akan berakibat kecendrungan untuk melakukan kesalahan. Misalnya saja anda disuruh melakukan perhitungan sebanyak 100.000 buah pertambahan, yang akan anda selesaikan dalam waktu satu hari terus menerus tanpa berhenti, maka akan dijamin bahwa anda pasti akan melakukan kesalahan. Sebaliknya, karena komputer tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah, maka komputer tidak akan mengalami kesalahan.
Komputer mengalami kesalahan bilamana :
1. Komponennya rusak (mental fatique)
2. Data yang dimasukan salah, maka hasilnya akan salah. Suatu istilah komputer yang cukup popular yaitu, GIGO, singkatan Garbage In Garbage Out, artinya sampah yang masuk, sampah pula yang keluar. Jadi kalau data yang dimasukan salah, maka hasilnya akan salah, sebaliknya bila data yang dimasukan benar, maka hasilnya akan benar (Gold In Gold Out), emas yang masuk, emas pula yang keluar.
Disamping komputer mempunyai kemampuan untuk beroperasi dengan cepat dan tepat, juga mampunyai ingatan (memory) yang besar.
Walau kelihatannya komputer lebih unggul dari manusia, tetapi ada beberapa hal yang tidak bisa menyamai manusia. Manusia mempunyai inisiatif dan dapat beradaptasi terhadap setuasi yang tertentu, sedang komputer tidak dapat melakukan hal tersebut, karena beroperasi secara pasti menurut program yang diberikan. Keunggulan manusia yang lain adalah manusia mempunyai perasaan untuk membuat pertimbangan dan peramalan, sedang komputer tidak mempunyai perasaan.
Table. Perbandingan Kemampuan Manusia Dengan Komputer
Hal yang di bandingkan Manusia Komputer
Kecepatan
Ketepatan
Daya tahan memproses
Kemampuan mengingat
Kemampuan mengikuti perintah
Kemampuan berinisiatif dan beradaptasi
Kemapuan membuat pertimbangan dan peramalaan Relative lambata
Mudah lelah
Cepat lelah
Kurang akurat
Kurang baik
sangat baik Sangat cepat
Tepat
Tidak kenal lelah
Akurat
Baik
jelek
Jadi sebenarnya penggunaan komputer tidak seluruhnya menguntungkan fungsi kerja dari manusia, tetapi sebagai alat bantu saja. Komputer merupakan perkembangan teknologi yang penting karena meningkatkan kemampuan manusia.

BAB II
MICROSOFT OFFICE XP

 Hidupkan komputer dengan jalan menekan tombol pawer pada CPU dan monitor kemadian tunggu sampai layer menampilkan desktop. Perhatikan icon dilayar desktop kenali kegunaan masing-masing icon yang tampil, icon tersebut merupakan shortcut (potongan pendek) untuk membuka program.
 Untuk membuka icon tersebut dapat dipakai dua cara :
a. Memakai keyboard dengan menggunakan tombol Tabulasi dan tombol Arrow (panah) kemudian tekjan Enter.
b. Memeakai Mouse, arahkan mouse pointer pada icon yang diinginkan dan tekan dua kali pada mouse bagian kiri.
Untuk memilih atau memanggil program yang tidak tersedia pada layer desktop, dapat dilakukan dengan cara :
a. Klik Start dengan menggunkan mouse atau tekan Ctrl+Esc dari keyboard
b. Pilih dengan menggeser mouse pointer ke program yang dibutuhkan dan tekan bagian kiri pada mouse
Dari menu yang ditampilkan, paling banyak digunakan adalah :
a. Pilih Program
Di dalam folder tersebut berisi program perangkat linak (software) yang tersimpan di dard disk
b. Pilih Documen
Di dalam folder tersebut dapat berisi file-file atau sub folder yang berisi dokumen atau file yang telah kita buat, sub folder yang utama adalah My Dokument

A. MEMULAI PROGRAM APLIKASI MICROSOFT OFFICE XP
a. Memilih Program Aplikasi Dengan Memilih Menu Program
1) Klik tombol Start yang ada di taskbar.
2) Pilih menu program.
3) Kemudian pilih dn klik program aplikasi Microsoft Office XP (WORD atau EXCEL) yang anda inginkan, tunggu, sampai jendela program aplikasi yang anda pilih ditampilkan.




b. Memulai Program Aplikasi dengan icon / Shortcut Bar
1) Pilih icon program yang dibutuhkan dengan mengarahkan mouse pointer.
2) Klik/tekan dua kali pada icon program Aplikasi Microsoft Office XP (WORD atau EXCEL) yang anda inginkan, tunggu sampai jendela program aplikasi yang anda pilih ditampilkan.

B. ELEMEN DASAR PROGRAM APLIKASI MICROSOFT OFFICE XP
Untuk dapat menggunakan program-program aplikasi Microsoft Office XP secara optimal sebaiknya terlebih dahulu mengenal elemen dasar dari program ini.
a. Taslbar, berisi tombol Start dan tombol-tombol yang mewakili program aplikasi yang sedang aktif (icon aktif).
b. Icon, berupa suatu simbol atau gambar yang mewakili suatu drive, folder, dokumen atau program aplikasi. Jika anda menekan tombol mouse dua kali pada suatu icon maka folder file, dokumen atau program aplikasi yang diwakili oleh icon tersebut akan terbuka.
c. Tombol/Icon Aktif Program Aplikasi pada taskbar mewakili semua program aplikasi yang sedang aktif dan terbuka. Anda dapat berpindah dari suatu program aplikasi aktif ke program aplikasi lainnya dengan cara mengklik tombol(icon aktif) tersebut.
d. Baris Judul (Title Bar), berisi nama program aplikasi dan nama file yang sedang aktif, baris judul ini dapat juga digunakan untuk memindahkan jendela ke posisi lain yang anda inginkan.
e. Icon Kontrol Menu (Control Menu Icon), digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif.
f. Baris Menu (Menu Bar), berisi barisan perintah berupa menu, sebagai contoh jendela Excel XP mempunyai baris menu yang terdiri dari File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Windows dan Help.
g. Baris Penggulung (Scroll Bar), untuk menggeser layer kekiri atau kekanan gunakan baris penggulung mendatar (Horizontal scroll bar) sedangkan untuk menggeser layar keatas atau kebawah gunakan baris penggulung tegak (Vertical scroll bar).
h. Office Assistant, ditampilakan dalam bentuk gambar animasi yang menarik. Hal ini akan banyak membantu anda pada saat bekerja dengan program aplikasi Microsoft Office XP.
i. Baris status (Status Bar), menampilkan berbagai informasi mengenai aktivitas yang sedang berlangsung pada jendela program aplikasi tersebut.
j. Tombol Ukuran (Sizing Button), terdiri dari tiga buah tombol pilihan sebagai berikut :
1) Tombol minimize, digunakan untuk memperkecil ukuran jendela sehingga membentuk sebuah icon aktif pada taskbar.
2) Tombol Maximize, digunakan untuk memperbesar ukuran jendela menjadi satu layar penuh.
3) Tombol Restore, digunakan untuk mengembalikan jendela keukuran semula.
4) Tombol Close, Dipakai untuk menutup jendela dan mengakhiri penggunaan program aplikasi.

C. MEMBUKA FILE DOKUMEN dan BUKU KERJA
Pada saat anda memerlukan dokumen pada Microsoft Word atau buku kerja pada Microsoft excel, anda dapat menggunakan template yang sudah disisipkan oleh Microsoft Office XP. Template adalah rancangan dasar suatu dokumen atau buku kerja yang sudah dilengkapi dengan ukuran halaman, orientasi, ukuran huruf, jenis huruf, batas margin, table, kolom dan lain-lain.
Untuk menggunakan template yang sudah siap pakai, ikuti langkah berikut ini :
a. Klik tombol Start.
b. Pilih dan klik menu New Office Dokument, selanjutnya akan tampil kotak dialog.
c. Pada kotak dialog New Office Dokument, pilih yang sesuai dan klik icon template yang diinginkan
d. Klik OK.
Untuk membuka kembali file dokumen atau buku kerja yang ada, ikuti langkah berikut in :
1) Pilih dan klik menu File Open (Ctrl + O) atau klik tombol toolbar Open, kotak dialog Open akan ditampuilkan.
2) Pada tombul daftar pilihan Look In, pilioh drive atau folder tempat dimana file tersimpan.
3) Pada kotak isian File Name ketik nama file yang diiginkan atatu klik dua kali nama file yang diperlukan.
4) Klik tombol Open

D. MENGAKHIRI PROGRAM APLIKASIMIKROSOFT OFFICE XP
Setelah selesai bekerja dengan program Aplikasi Mikrosoft Office XP, maka untuk mengakhirinya gunakan langkah berikut :
a. Simpan dokumen, buku kerja atatu presentase yang sudah dibuat.
b. Pilih salah satu langkah untuk mengakhiripenggunaan program aplikasi berikut ini :
1) Pilih dan klik menu File Exit (Ctrl + F4).
2) Klik tombol Close (X) yang berada dipojok kanan atas jendela.
3) Klik dua kali Icon Kontrol Menu yang berada dipojok kiri atas jendela program aplikasi Mikrosoft Office XP.

BAB II
MICROSOFT WORD

1. Mengenal Microsoft Word
Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang berada dalam Microsoft Office XP yang mempuntai berbagai kemampuan di dalamnya. Salah satu kemampuanya adalah adalah kemudahan dalam membuat surat mulai yang sederhana sampai dengan yang kompleks, membuat membuat dan berkirim surat dengan e-mail, membuat dan berkirim Fax, membuat surat berantai (mail merge), membuat halaman web, bekerja dengan tabel dan berbagai aplikasi lain baik dokumen bisnis maupun pribadi.

2. Memulai Microsoft Word
Langkah yang digunakan untuk menjalankan Microsoft Word sebagai berikiut :
1. Klik tombol start yang ada di taskbar.
2. Pilih menu program
3. Kemudian pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word. Tunggu sampai jendela program Microsoft Word ditampilakan.

  Title Bar

  Menu Bar
 Standar ToolBar
  Format ToolBar
 
  Ruler
  Cursor
  Scroll Bar



  Scoll Bar


Drawing ToolBar
 Status bar


Keterngan :
  Menu adalah bartis yang memuat sekumpulan menu/perintah berupa tulis, dimulai dari File, Edit, sampai dengan menu Help.
  Lembar kerja yaitu tempat atau lokasi pada Microsoft Word XP yang digunakan untuk proses pengimputan data.
  Ruler (Penggaris) adalah fasilitas Microsoft Word XP yang berfungsi untuk pengaturan jarak margin dan tabuylasi.
Cara menampilkan/Menyembunyikan Ruler
1. Klik Menu View
2. Pilih dan klik Ruler
  Scrollbar vertical/horizontal adalah fasilitas Microsoft Word XP yang berfungsi untuk menggulung lembar kerja.
Langkah mengaktifkan.
1. Klik Menu Tools
2. Klik Options
3. Klik View
4. berikan tanda cek pada Fungsi Horizontal Scoroll Bar dan Fungsi Vertikal Scoroll Bar.
5. Klik Oke
  Icon toolbar (standar/formatting) adalah gambar/simbol yang mewakili perintah-perintah yang ada dalam baris menu.
  Close adalah menutup Microsoft Word XP
  Minimize adalah untuk menyimpan (menutup sementara) program word yang sedang aktif dan meletakkannya pada taskbar.
  Maximize adalah untuk memperbesar tampilan Microsoft Word XP

3. Menutup MEicrosoft Word XP
1. Klik icon Close bagian kanan atas program
2. Muncul tampilan konfigurasi, klik Yes untuk menyimpan data atau No jika sebaliknya. Gambar

4. Menyimpan File (data)
1. Klik File
2. klik save (Ctrl+S)
3. Tampilan kotak dialog Save As, lakukan proses pengaturan pada tampilan berikut:
  Seave In : Tentukan tempat penyimpanan data, Pilih 3 ½ FEloppy (A:) untuk menyimpan data padsa disket atau drive Flashdisk. Gambar
  Ketik nama file anda contohnya. Data Haykal
Gambar

5. Membuka File (data)
1. Klik menu File
2. Klik Open (Ctlr+O)
3. Tampilan kotak dialog Open, lakukan proses pengaturan pada tampilan berikut :E
  Look In : tentukan tempat penyimpanan data yang akan dibuka. Gambar
  Pilih dan klik salah satu yang akan dibuka pada tampilan/daftar file dibawah Look In.
  Klik Open.

6. Memilih Ukuran Kertas
1. Aktifkan menu File
2. Klik Page SetUp
3. Klik tab Paper Size
4. Tampilam kotak dialog Paper Size lakukan proses pengaturan pada fungsi berikut:
  Paper Size : Pilih ukuran/jenis kertas
Gambar
 Pilih Legal untuk HVS
 Pilih Letter/A4 untuk Kuarto
7.






Membuat Dokumen Baru.
1. Pada jendela Microsoft word, pilih menu file, klik tombol New, kemudian klik tombol general.
2. Double klik pada Icon blank Dokumen untuk membuat dokumen baru.
3. Jendela siap untuk digunakan pengetikan.
Atau bisa juga menggunakan cara lain :
1. klik tombol New Dokumen yang ada pada ToolBar
2. Tekan tombol CTRL + N pada Keyboard.

4. Membuka File yang Sudah Tersimpan
1. Klik menu file kemudian klik tombol Open, mala akan tampil kotak dialog Open.
2. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
3. Klik pada nama file yang akan dibuk.
4. klik tombol open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
Atau cara lain :
1. Klik tombol open pada toolbar.

5. Menyimpan Dokumen
1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol Save.
2. Pada layer akan ditampilksn kotak dialog save. Kemudian nama file dokumen, dan klik Save.
Atau dengan cara lain :
1. Klik tombol Save pada toolbar

6. Menutup Dokumen
1. untuk menutup fiele pada jendela Microsoft Word, pilih menu File, klik tombol close, maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang sedang aktif.
2. atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.

7. Menutup Jendela Microsoft Word
1. Pada jendela Microsoft word, pilih menu File, klik Exit, maka jendela Microsoft word akan tertutup.
2. Pastikan bahwa dokumen yang relah anda ketik telah tersimpan dengan.
3. Selain dengan menu file, menutup jendela Microsoft word juga dapat dilakukan menklik tombol X yang terletak dipokok kanan atas dari jendela microsoft word.

9. Mengetik Sederhana
  Saat memulai program aplikasi word XP, secara otomatis dokumen baru yang masih kosong akan di beri nama file Dokumen 1 dan siap anda gunakan. Titik sisip (intesertion Point) akan muncul disudut kiri atas dari daerah pengetikan teks (text area). Jika teks yang sedang anda ketik mencapai batas kanan maka teks tersebut akan di lipat dan titk sisip secara otomatis akan pindah ke awal baris berikutnya (word wrap). Tombol enter juga dapat digunakan untuk pindah ke baris berikunya dan ini di anggap akhir suatu paragraf. Tanda paragraph ini penting untuk mengetahui diman suatu paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen. Defenisi dalam paragraf word XP adalah sejumlah karakter, atau kalimat dan di akhiri dengan tanda paragraf ( ¶ ). Tanda tersebut akan diberikan saat kita menekan tombol Enter. Pada kondisi default tanda paragraph tidak di tampilkan untuk menampilkannya klik tombol toolbar Show/Hide ¶ yang ada pada baris toolbar standard.

10. Mengedit Teks
 Jika anda menbuat kesalahan salama proses pengetikan, anda dapat memperbaikinya dengan cara berbagai berikut ini :
1. Tekan tombol BacksSpace untuk menghapus satu karakter dikiri kursor.
2. Tekan tombol Delete untuk mengahapus karakter dikanan kursor.
3. Untuk melakukan pengulangan dari teks yang anda ketik, pada menu edit, Repeat Typing atau klik tombol Redo .
4. Untuk mengahapus teks yang baru saja anda ketik, klik dan menu Edit, Undo Typing atau klik tombol Undo.

11. Meng-Copy / Menyalin Teks
 Untuk menyalin teks yang anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini :
1. Sorot teks yang akan anda salin.
2. Kemudian klik menu edit.
3. Tempatkan kursor ke lokasi baru.
4. Kemudian klik menu Edit, Paste
Selain cara tersebut diatas, anda dapat juga menyalin teks dengan menggunakan tombol Copy kemudian Paste.

12. Men-Delete / Menghapus Teks.
  Untuk menghapus teks yang anda pilih, ikuti langkan berikut ini :
1. Sorot teks yang akan anda hapus.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete pada keyboard.

13. Meng-Cut-Paste / Memindahkan teks.
 Untuk memindahkan teks yang anda pilih kelokasi yang baru, ikuti langkah berikut ini :
1. Sorot teks yang akan anda pindahkan
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Cut.
3. tempatkan kursor pada lokasi baru.
4. kemudian pilih dan klik ,menu Edit, Paste.
Atau dengan menekan tombol Cut kemudian Paste

13. Format Teks
Anda dapat mengatur format teks dengan menggunakan salah satu cara berikut ini :
• Pilih atau sorot teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
• Tempatkan kursor pada posisi awal pengetikan teks, atur formatnya, kemudian ketik teks yang anda inginkan. Dengan cara ini, semua teks yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi kursor kebagian lain pada document.

14. Mengubah Jenis Dan Bentuk Huruf (Font)
 Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier dan lain-lain. Untuk mengubah font dari teks yang sebelumnya telah anda ketik, ikuti langkah berikut :
• Sorot teks yang akan anda ubah fontnya
• Pilih dan klik font yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font yang terdapat pada baris Toolbar Formatting.

15. Mengubah Ukuran Huruf (Font Size)
 Semua teks yang anda ketikan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Dokument akan memakai plihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 12 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berkut ini.
• Sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
• Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting.





Tidak ada komentar: